Rabu, 11 Februari 2015

Ciptakan SDM Kesehatan Berkualitas dan Profesional

Masyarakat  membutuhkan ketersediaan tenaga kesehatan yang kompeten dan berintegritas serta berdedikasi tinggi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan yang semakin pesat, juga mengharuskan tenaga kesehatan profesional yang bemutu. Keberadaan UPT Pelatihan dan Penelitian Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau (UPT Pellitkes) menjawab tantangan tersebut. UPT Pellitkes yang kini menempati gedung yang terletak di Jl. HR. Soebrantas Km 10 Pekanbaru ini terus menciptakan SDM bidang kesehatan yang berkualitas.  

Pellitkes merupakan Institusi penyelenggara diklat bidang kesehatan ini berdiri pada 2003. Dalam pelaksanaanya sebagai satuan kerja di lingkungan Kesehatan, Pellitkes menjadi wadah pelatihan bagi SDM kesehatan dan masyarakat meningkatkan mutu melalui akreditasi pelatihan dan institusi, serta dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis dan kegiatan lainnya pada program pelatihan.

Sejak awal berdiri, Pellitkes ini sudah lima kali melakukan pergantian nama. Lembaga tersebut dibentuk oleh Pusdiklat Pegawai Departemen Kesehatan RI dengan nama awal Kursus Latihan Kesehatan Masyarakat (KLKM). Nama ini kemudian berubah menjadi  Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Pekanbaru pada 1993. Kembali mengalami perubahan pada tahun 1999, menjadi UPT Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Kemudian berubah lagi menjadi Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Pada tahun 2008, nama ini diganti menjadi UPT. Pelatihan dan Penelitian Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada 2008. Seiring dengan akan diberlakukannya Perda No. 2 tahun 2014 tentang Organisasi Dinas Daerah Provinsi Riau, maka UPT. Pelatihan dan Penelitian Kesehatan kembali berubah nama menjadi UPT. Penanggulangan Krisis Kesehatan, Pengembangan SDM Kesehatan dan Kesehatan Olah Raga Masyarakat. Meskipun kerap berganti nama, namun tugas pokoknya tetap melaksanakan tugas dinas di bidang pelatihan dan penelitian kesehatan, ketatausahaan serta pelayanan masyarakat.

Pada 2008 lalu, UPT Pellitkes yang masih bernama Bapelkes Provinsi Riau sudah terakreditasi dan mendapat sertifikat resmi oleh tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan RI. Kini UPT. Pellitkes sedang dalam persiapan akreditasi lanjutan oleh Pusdiklat Aparatur Badan PPSDM Kemenkes RI. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menkes No. 725/Menkes/SK/V/2003 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan di bidang kesehatan, yang mengharuskan setiap institusi penyelenggara diklat harus terakreditasi.

Setiap pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi. Pengembangan kompetensi bisa dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, seminar, kursus, dan penataran. Disinilah UPT. Pellitkes berperan sebagai institusi pelatihan yang telah terakreditasi. Lembaga ini  diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan (diklat) bidang kesehatan.

Dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan  UPT Pellitkes berpedoman pada Kepmenkes RI Nomor: 725/Menkes/SK/V/2003 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan di bidang kesehatan. Sebelum dilaksanakan suatu pelatihan harus dilakukan penilaian terhadap komponen kurikulum, peserta, pelatih, penyelenggara, dan institusi penyelenggara  oleh Tim Akreditasi Provinsi.

Selama masa penyelenggaraan selalu dilaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap peserta, narasumber, pelayanan panitia penyelenggara, akomodasi dan konsumsi. Dengan demikian setiap pelatihan yang  diselenggarakan UPT Pellitkes adalah pelatihan yang telah terakreditasi dan diterbitkan sertifikat bagi peserta yang lulus. Sertifikat  yang dikeluarkan dapat digunakan  dalam penilaian angka kredit untuk kenaikan pangkat dan lainnya.

UPT Pellitkes sebagai institusi diklat yang terakreditasi memiliki sumber daya manusia yang memadai dengan berbagai jenjang pendidikan di bidang kesehatan berjumlah 54 orang. Guna memberikan pelayanan yang menyeluruh dalam penyelenggaraan diklat dan jasa layanan lainya, Pellitkes dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai, antara lain Laboratorium kelas dan lapangan, Auditorium, perpustakaan, Asrama, ruang diskusi dan fasilitas penunjang lainnya.

Dengan fasilitas lengkap serta SDM yang berkualitas, Pellitkes diharapkan dapat terus menjamin ketersediaan sumber daya diklat yang sesuai standar yang diharapkan. Sehingga tercipta SDM-SDM unggul yang dapat menjadi pelayanan profesional di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Info Unik Terbaik: Ciptakan SDM Kesehatan Berkualitas dan Profesional | www.bookie7.co