Minggu, 26 Januari 2014

Asi Eksklusif, Cara Pintar Cerdaskan Anak


Memiliki anak yang cerdas  adalah harapan semua orang tua. Masa depan dimulai sejak anak lahir dalam keadaan sehat dan dibesarkan dalam keluarga yang sehat pula. Lalu apakah yang diperlukan seorang anak agar mereka cerdas dimasa depan? Salah satunya adalah memberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan penuh. Kemudian pemberian ASI dilanjutkan sampai anak berusia 24 bulan. Mengapa demikian? Kandungan apa yang terdapat di dalam ASI sehingga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak dan mempengaruhi masa depan mereka?

ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan sejak bayi lahir hingga Ia berusia enam bulan. Dalam masa tersebut seorang bayi tidak diberi makanan atau minuman selain ASI. ASI merupakan suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktose, dan garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu, sebagai makanan bayi.

Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam ASI membuat pertumbuhan bayi menjadi lebih baik. ASI menjadi sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bayi. Salah satu fungsi ASI dalam pertumbuhan seorang bayi adalah membentuk struktur tulang karena mengandung  Kolostrum  zat kekebalan 10-17 kali lebih banyak dari susu matang (mature).

Zat kekebalan yang terdapat pada ASI antara lain akan melindungi bayi dari penyakit mencret (diare). Bayi yang mendapat ASI Eksklusif ternyata akan lebih sehat dan jarang sakit dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapat ASI Eksklusif.  Selain fungsi yang diatas, fungsi ASI yang penting adalah meningkatkan jalinan kasih sayang antara ibu dan bayi.

Ketika menyusu bayi berada dalam dekapan ibu sehingga akan merasa aman dan tenteram, terlebih bayi dapat mendengar detak jantung ibunya yang telah ia kenal sejak dalam kandungan. Perasaan terlindung dan disayangi inilah yang akan menjadi dasar perkembangan emosi bayi dan membentuk kepribadian yang percaya diri dan dasar spiritual yang baik.

ASI dan Komposisinya
Komposisi ASI dibedakan menjadi 3 macam, yaitu Kolostrum (susu jolong), ASI Transisi, dan ASI Matang(mature). Kolostrum (susu jolong) adalah ASI yang keluar dari hari pertama sampai hari ke empat hingga hari ke tujuh. ASI Transisi atau Peralihan adalah ASI yang keluar setelah kolostrum sampai sebelum menjadi ASI yang matang. Selanjutnya ASI Matang(mature), yakni ASI yang dikeluarkan pada sekitar hari ke-14 dan seterusnya, komposisi relatif konstan. Pada ibu yang sehat dapat memproduksi ASI yang cukup.

Didalam tiga komposisi tersebut terdapat kandungan zat yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak,  zat-zat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hidrat Arang (Karbohidrat), Zat hidrat arang dalam ASI berbentuk Laktosa yang jumlahnya akan berubah-ubah setiap hari menurut kebutuhan tumbuh-kembang bayi. Dalam kolostrum untuk tiap 100 ml ASI mengandung laktosa 5,3 g, dalam ASI peralihan 6,42 g, ASI hari ke 9 sebesar 6,72 g, ASI hari ke 30 berjumlah 7 g, ASI minggu ke 34 sebanyak 7,11 g.

2. Protein dalam ASI jumlahnya lebih rendah dibanding protein dalam ASS (Air Susu Sapi). Protein ASI merupakan bahan baku untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. protein ASI sangat cocok, karena unsur protein didalamnya hampir seluruhnya terserap oleh sistem pencernaan bayi.

3. Lemak , Jenis lemak yang ada dalam ASI mengandung lemak rantai panjang yang merupakan lemak kebutuhan sel jaringan otak dan sangat mudah dicerna serta mempunyai jumlah yang cukup tinggi dalam bentuk Omega 3, Omega 6, DHA (Docosa Hexaenoic Acid) dan Arachidonic Acid (AA) merupakan komponen penting untuk Mielinasi.

4. Mineral , ASI mengandung mineral yang lengkap, walaupun kadarnya relatif rendah, tetapi cukup untuk bayi sampai umur 6 bulan. Zat besi dan kalsium dalam ASI merupakan mineral yang sangat stabil dan jumlahnya tidak dipengaruhi oleh diet ibu.

5. Vitamin , ASI mengandung vitamin yang lengkap. Dalam ASI, vitamin A, D, dan C ada dalam jumlah cukup, sedangkan golongan vitamin B kecuali riboflavin dan patotenik sangat kurang, tetapi tidak perlu ditambahkan karena kebutuhan bayi akan dicukupi oleh makanan (menu) yang dikonsumsi ibunya.

6. Sel Darah Putih, Setiap tetes ASI mengandung berjuta-juta sel hidup yang menyerupai sel darah putih, sehingga dinamakan sel darah putih dari ASI.

Menurut hasil penelitian Institud Pertanian Bogor (IPB), anak yang diberikan ASI Ekslusif oleh ibunya sewaktu bayi akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih daripada seorang anak yang tidak diberikan ASI sama sekali. Nutrisi  yang terdapat didalam dalam  ASI membantu membuat otak berkembang dengan baik. Perkembangan otak yang baik membuat anak menjadi lebih cepat tanggap untuk setiap informasi yang mereka dapat.

Lantas, sudah siapkah Ibu mengemban peran penting untuk mencerdaskan buah hati? Sudahkah anda memberikan ASI ekslusif pada bayi anda hari ini?

2 komentar:

  1. ini blog teman saya kok jadi ganti pemiliknya ya..bingung saya...

    BalasHapus
  2. Thank you for the information of his article is very nice and I like to read this article I know a lot of things thanks ...

    Jual Obat Kuat, Obat kuat


    Obat pembesar penis


    perangsang wanita, obat perangsang

    BalasHapus

Copyright © 2013 Info Unik Terbaik: Asi Eksklusif, Cara Pintar Cerdaskan Anak | www.bookie7.co